EDUKASI

Lintas Etnis Hadir Dalam Talk Show Pembauran Kebangsaan

KAB BANDUNG,(transtwonews) – Badan kesatuan Bangsa dan politik Kabupaten Bandung menggelar Talk Show pembauran kebangsaan bagi generasi muda tahun 2024 dengan tema ” Membangun Bingkai Keberagaman melalui Bhinneka Tunggal Ika di Kabupaten Bandung, Hotel Sutan Raja Convention Centre, Kamis ( 1 /8/ 24 ).

Dalam Talk Show tersebut menghadirkan Nara Sumber, Mujiono selaku wakil Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK ) Provinsi Jawa Barat.

Dikatakan Mujiona bahwa hubungan antara etnis di Indonesia kadang sedang tidak baik maka perlu adanya forum pembangunan kebangsaan, hal tersebut untuk menghadapi kehidupan yang aman damai dan ini harus di tunjang dengan adanya akidah dan kaidah agama, Pancasila, UUD 45 dan Norma etika dengan cita- cita yang tinggi adalah kesatuan dan kebangsaan.

Salah satu nya kita sangat beruntung mempunyai Bahasa Indonesia, ini untuk mempersatukan semua etnis / suku dalam menjalin komunikasi.

” Inilah sebagai Bahasa Nasional yang perlu terus dijaga agar Integrasi tetap terjaga tegaknya NKRI.” Ungkap Mujiona dalam sambutannya.

Salah satu kunci negri ini, bersatu dalam suatu kawasan kesatuan dan persatuan yang paling bagus di kita ini yang harus dipertahankan termasuk bagaimana mengantisipasi etnis.

Lanjut Mujiona ” Kita hidup di Indonesia dengan berbagai warna dan budaya serta suku tetapi tetap dalam bingkai kesatuan justru kita harus mensyukuri dan melestarikan bahasa ragam budaya dan suku.” Paparnya.

Sementara di tempat yang sama Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Bandung, Dah Saefulloh menyampaikan organisasi FPK agar bisa ditularkan dalam organisasi lainnya jadi nantinya kita berharap ada tingkat FPK ditingkat desa, Kecamatan tetapi dengan pola lain terkait bagaimana membangun sinergitas dengan Kecamatan dan Desa.

Dijelaskan Dah Saefullih bahwa Tugas dari pada FPK menjalin aspirasi di bidang pembauran kebangsaan dan menyelenggarakan dialog dengan pemimpin organisasi dengan tokoh adat, suku maupun masyarakat lainnya agar tugas FPK berjalan baik dengan mengedepankan sosialisasi dalam kebijakan dan hasilnya dari dialog tersebut menjadi bahan rekomendasi kepada pimpinan daerah.

Forum Pembauran Kebangsaan di Kabupaten Bandung ini sebagai wadah informasi dan komunikasi serta kerjasama seluruh masyarkat agar etnis terakomodir. ” Pentingnya FKP ini hadir dan terus berjalan agar kebersamaan dari berbagai etnis bersatu kukuh dalam NKRI.” Paparnya.

WakaBangpol Kabupaten Bandung Sudiro, mengatakan bahwa kegiatan yang sudah berjalan ini untuk menjaga silaturami dari berbagai etnis di Kabupaten Bandung , seperti yang kita ketahui bahwa di Kabupaten Bandung yang majemuk keberadaan etnis tersebut sudah menjadi bagian masyarakat Kabupaten Bandung tetap kita harus menjaga dalam konsolidasi wilayah hal ini harus diperkuat dengan silaturahmi.

“Pemerintah memfasilitasi dan mendorong kegiatan ini agar kedepan berjalan dengan lancar” Kata Sudiro saat memberikan keterangan pada media ini.

Rangkaiana Acara diisi dengan,ruang diskusi dan tarian dari berbagai etnis hadir dalam acara tersebut OKP KNPI, Karang Taruna dengan di hadiri 100 peserta.

Dhany

Facebook Comments Box

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button