Uncategorized

LAPOR KEJAKSAAN CIANJUR OKNUM KEPSEK DAN OPERATOR BESERTA DEWAN GURU LAINNYA, DI SMP NEGRI 2 CIBINONG DI DUGA KUAT SUNAT UANG PIP

Cianjur,(Trans two news) – Diduga oknum kepala sekolah, Smp negri 2 cibinong telah menggelapkapkan dana program indonesia pintar( PIP),Menurut narasumber selaku orang tua siswa / siswi yang telah menerima PIP. Sudah hampir 2 tahun uang program indonesia pintar tidak pernah di bagikan, ujar warga.

Setelah awak media sambangi ke sekolahnya, kita bertemu langsung dengan operator dapodik sebut saja dia Ade pattah rusalam, dari hasil investigasi wartawan kami di lapangan setelah bertemu dengan Ade, awak media kami mengkonfirmasi langsung kepada Ade selaku operator, kebetulan pas awak media datang ke sekolah.
” kepala sekolah SMP negri 2 Cibinong lagi tidak datang ke sekolah. Ujar Ade selaku operator dapodik, siswa/siswi yang mendapatkan PIP tersebut.
” Setelah di cek dari nomor NISN nya karena siswa/siswi, tersebut mendapatkan program indonesia pintar(PIP). Ada Sedikit kejanggalan di sekolah tersebut. Sudah dua tahun uang PIP tidak pernah di cairkan, Karena ketika awak media kami datang ke sekolah Smp negri 2 cibinong, kec. Cibinong kab. Cianjur.
” Ujar salah satu guru yang mengutarakan, kepala sekolah tersebut sebut saja dia shibabudin selaku kepsek. kalau hari Jumat kepala sekolah gak pernah datang,
Setelah kita samakan data yang ada di dapodik, dengan hasil investigasi wartawan kami kepada warga, anaknya tidak pernah mendapatkan PIP. Dari tahun 2020, 2021 sampai 2023dan 2024. “menurut narasumber yang tidak ingin di sebutkan inisialnya, kepsek SMPN 2 cibinong, jarang masuk sekolah.tuturnya.

” SMPN 2 cibinong diduga sudah banyak menggelapkan dana PIP, di duga pada tahun 2024 siswa yang mendapatkan 169 dari global siswa/siswi 379 org.

” tahun 2023 siswa yang mendapatkan PIP 188 Org siswa/siswi, dari global siswa hanya 391 org.”Pada tahun 2022 yang mendapatkan pip dengan jumlah 222 dari global siswa 303. hanya di kasihkan sebagian saja karna yang ngambil ke bank masih sama pihak sekolah/dewan guru, ada pun yang di kasihkan Uang pip tersebut tidak semua di berikan atau masih di sunat, menurut pengakuan salah satu org tua siswa, ujar orang tua siswa yang sudah di sambangi ke rumahnya.

” Dari hasil investigasi wartawan kami di lapangan, setelah terbukti dari hasil, nomor induk siswa nasional (NISN). Banyak yang terbukti siswa maupun siswi yang seharusnya mendapatkan, setelah wartawan kami mendata dari nomor NISN, Banyak yang terbukti yang seharusnya mendapatkan, pada kenyataannya tidak di kasihkan pada tahun 2020, 2021. Karena masih di kolektif ujar warga sempat.

“Ade pattah rusalam oknum operator Smp negri 2 cibinong yang sudah berani memotong uang PIP dengan nominal 100 ribu persiswa dan ada juga yang 150 ribu persiswa, karena awak media kami mengetahui adanya potongan tersebut.

” karena apa tim media trans two news.com, yang telah mendampingi pencairan langsung ke bank BRI unit Cibinong pada tahun 2024.
Kecamatan Cibinong, kab. cianjur prov. jabar.

” Pungli yang telah di lakukan Ade pattah rusalam selaku operator SMPN 2 Cibinong, kami selaku awak media, mohon kepada Aparat penegak hukum( APH ) Kapolres maupun Kejari kab cianjur, minta di usut tuntas.

“apa kabar pada tahun 2021 dari global jumlah siswa 317 siswa. Dan tahun 2020 dengan jumlah siswa 234 org, Pada Pasca covid hampir semua sekolah di bikin ajas manfaat karna di bikin momen, untuk memperkaya diri sendiri.

” Adapun menurut pernyataan, kepala sekolah SMPN 2 Cibinong, beliau tidak pernah memotong sepeserpun. Ujanya melalui pesan singkat. Tapi fakta yang ada di sekolah tersebut di duga pungli tersebut di lakukan oleh oknum operator, sebut saja dia Ade.

” pemotongan bantuan PIP bertentangan dengan Permendikbud 10 Tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar. Selain itu, ada aturan dari Sekjen Kemendikbudristek Nomor 20 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis PIP Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Dalam aturan itu, disebutkan bahwa PIP dilarang dipotong oleh pihak mana pun.

(Deni Fernando, Andi dan tim)

Facebook Comments Box

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button