EKONOMI

Wamentan RI, Mendorong Komoditas Pertanian Garut Agar Berorientasi Ekspor

Garut,(transtwonews) – Forkopimcam Cibatu menerima secara langsung kunjungan kerja dalam Rangka penanaman benih Kopi dan berdialog langsung serta penyerahan bantuan pertanian bagi petani Garut. Wakil Menteri Pertanian /Wamentan Republik Indonesia , Harvick Hasnul Qolbi ke Wilayah Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Rabu (21/9/2022).

Giat kunjungan kerja wamenta RI ke Wilayah Cibatu di hadiri oleh,Pangdam III Siliwangi,Sekda Garut,Dandim 0611Garut, kapolres Garut,Denpom Garut,ibu persit KCK ,Forkopimcam,para petani milineal Garut,serta para kepala Desa serta Camat Kersamanah,serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wamentan RI, Harvick Husnul Qolbi, mengatakan,”Saya mendorong komoditas pertanian Garut agar beorientasi ekspor, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Garut ini selain menjadi sentra jagung dan hortikultura, potensi kopi Garut juga luar biasa. Ini harus kita dorong agar bisa berorientasi ekspor,”katanya.

Wamentan RI menambahkan, Situasi krisis global yang saat ini terjadi telah mendorong berbagai negara untuk melakukan Food Security.

“Ini merupakan peluang yang baik bagi Indonesia untuk mengekspor komoditas ketahanan pangan,”tambahnya.

Kementerian Pertanian telah mencanangkan program Gerakan Tiga Kali Ekspor atau Gratieks yang bisa mengakselerasi ekspor komoditas pertanian, termasuk dari Garut.Namun ia berharap agar indeks pertanaman atau produktivitas pertanian di Garut pun ditingkatkan.

Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan domestik terlebih dahulu serta sebagai upaya mewujudkan kedaulatan pangan nasional.Adanya ancaman global, masalah Covid-19 dan sebagainya, akhirnya beberapa negara secara masif melakukan kegiatan ini (food security).

“Kita juga punya Atase Pertanian yang bisa membantu memasarkan produk-produk pertanian di luar negeri,” ucapnya.

Sementara itu Nurdin Yana selaku sekda kab Garut mengungkapkan bahwa Kabupaten Garut memiliki lahan pertanian yang luas dengan produk Komoditas unggulan seperti halnya Sorgum,talas intan pratama,kopi asli Cibatu,Padi,jagung,kapulaga,kunyit dan komoditas lainnya yang berpotensi besar untuk ketahanan pangan.
“Potensi ini berharap pak wamentan  dapat berkenan memberikan dorongan besar bagi para petani di Garut,”tuturnya. ****

Facebook Comments Box

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial
WhatsApp
Instagram
FbMessenger