Uncategorized

Pelantikan PKD dan Bimbingan teknis Pilkada di Panwascam kecamatan Cibatu-Garut

Garut,(Transtwonews).- Ketua Panwaslu Kecamatan Cibatu Melantik Sebelas  anggota,
Panitia pengawas pemilihan umum Kelurahan atau desa(PKD) untuk pemilihan serentak tahun 2024. Sekaligus penandatanganan pakta integritas serta mendapatkan bimbingan teknik terkait pilkada dari koordinator divisi P2HM Bawaslu Kabupaten Garut, Sehingga PKD memiliki bekal dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta penuh rasa tanggung jawab.

s

Pelaksanaan pelantikan dan Bimbingan teknik dihadiri Komisioner kecamatan Ketua Muhammad Hamdan Muhaemin,Koramil 1105 -Cibatu,diwakili Komsos,polsek Cibatu diwakili anggota,serta kanit IK Kurnia, Camat Cibatu diwakili Kasie, Sebelas anggota PKD,serta tamu undangan lainnya. Minggu(3/6/2024)

Ketua Panwascam Cibatu Muhammad Hamdan muhaemin mengatakan Selamat kepada bapak dan ibu  semua yang barusan telah dilantik menjadi keluarga besar pengawas Pemilu untuk panitia pengawas Pemilu kelurahan atau Desa se- Kecamatan Cibatu. puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala yang mana telah memberikan rahmat serta hidayahnya sehingga kita bisa berkumpul pada acara yang sangat luar biasa ini. Pelatihan dan bimbingan teknis Untuk pengawas Pemilu Kelurahan atau Desa se Kecamatan Cibatu,Kabupaten Garut.

s

Panwascam secara maraton bekerja setelah melaksanakan pelantikan pada hari jumat  dan diberikan bimbingan teknis oleh Bawaslu Kabupaten Garut. dan untuk hari Minggu kita harus dan hari Senin kita harus mewawancara PKD dan kita maraton terus dan mungkin yang akan hasil wawancara ini dengan beberapa nilai kriteria dan terbentuklah mungkin 11 Desa setiap desa nya itu masing-masing 1 orang. Dan orangnya Pak di sini kami menilai dari 70% itu masih muda semua dan 100% itu dasar dari desa semua dilihat dari beberapa latar belakang. Mudah mudahan nanti kita kombinasikan bagaimana di dalam pengawas pemilu? kita bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan dimana kita harus melakukan peraturan perundang-undangan nomor 6 tahun 2020 pasal 35 .
semua itu tentang wewenang dan tugas Panwaslu lapangan atau yang disebut Sekarang petugas pengawas  kelurahan/Desa.tegasnya

Ketua kesekretariatan Robby menyampaikan kata sambutan  seluruh Anggota PKD agar tetap menjaga netralitas serta integritas dan memahami setiap tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), serta yang penting untuk diawasi yaitu apa saja indeks kerawanan atau kerawanan-kerawanan di setiap tahapan Pilkada karena pemetaan kerawanan itu sangat dibutuhkan untuk gugus tugas Anggota PKD sekalian, hal ini supaya pengawasan sebagai Anggota PKD ini agar lebih efektif ataupun lebih tepat sasaran.
Untuk diketahui oleh Anggota PKD bahwa saat ini sudah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih dan hal ini merupakan tugas awal sebagai Anggota PKD untuk segera memetakan data pemilih dan terus mengawasi baik register data pemilih maupun mengawasi apabila ada pemilih pemula yang belum terdaftar sebagai pemilih. Anggota PKD silahkan menyampaikan kepada petugas pendataan pemutakhiran data pemilih atau ke PPS Desa setempat untuk dimasukkan sebagai pemilih baru serta berkoordinasi dengan aparatur desanya.katanya

Ditempat yang sama Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Garut kordinator Divisi P2HM Lamlam syarofah.SE.Mc,Memaparkan dalam bimbingan teknisnya seluruh Anggota PKD agar tetap menjaga netralitas serta integritas dan memahami setiap tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), serta yang penting untuk diawasi yaitu apa saja indeks kerawanan atau kerawanan-kerawanan di setiap tahapan Pilkada.

Koordinator Divisi P2HM,lamlam Syaropah menegaskan karena pemetaan kerawanan itu sangat dibutuhkan untuk gugus tugas Anggota PKD sekalian, hal ini supaya pengawasan sebagai Anggota PKD ini agar lebih efektif ataupun lebih tepat sasaran.Untuk diketahui oleh Anggota PKD bahwa saat ini sudah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih dan hal ini merupakan tugas PKD.

Harapan ditambahkan ketua kesekretariatan panwaslucam Cibatu untuk saat ini tugas yang harus dilakukan oleh teman teman PKD adalah menghadapi tahapan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih), mudah mudahan dengan kerja keras dan kerja yang maksimal yang dilakukan oleh seluruh Anggota PKD dan Panwascam bisa menghasilkan Pemilu atau Pilkada Damai serta sukses dikecamatan cibatu. Kemudian seluruh Anggota PKD agar tetap menjaga netralitas serta integritas. dan memahami setiap tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), serentak tahun 2024. Pungkasnya

(Ayi Ahmad) 

Facebook Comments Box

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial
WhatsApp
Instagram
FbMessenger