EKONOMI

Sejumlah Warga RW 02 Cijuut Beralih Menanam Ubi Jalar Jenis Gincu, Ini Alasannya

TEGALMANGGUNG,(transtwonews) – Diawal musim penghujan, pada bulan November, sejumlah masyarakat mulai bertani di kebun dan sawah.

Yang menarik, di lingkungan RW 02 Cijuut Desa, Tegalmanggung Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang warga yang biasanya menanam dengan cara tumpang sari tetapi sebagian warganya ramai-ramai menanam ubi Jalar dengan luas 5 hektare di lahan blok Pasirtengah.

Penanaman ubi jalar yang diwadahi oleh kelompok Tani Mandiri (Kelompok Aliman) dengan Ketua Adim dan beranggotakan sekitar 10 orang mulai proses pembajakan tanah (nyangkul) dengan menggunakan mesin traktor, Munggu (26/11/2023).

Adim mengatakan, diawal musim penghujan ini warga fokus pada penanaman Ubi Jalar jenis Gincu dengan mendatangkan bibit dari luar daerah (Cilembu) sebagai bibit unggulan untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal selain pemeliharaan yang intensif.

“Selain mendukung program ketahanan pangan dan menghasilkan Cuan untuk meningkatan perekonomian masyarakat khususnya anggota kelompok Tani Aliman dan umumnya masyarakat Desa Tegalmanggung,” kata Adim.

Menurutnya, ubi jalar juga memiliki peran strategis dalam sektor bisnis pertanian di Tanah Air. Karena saat ini ia menilai kebutuhan ubi jalar terus meningkat, tetapi tidak dapat dipenuhi oleh produksi ubi jalar nasional.

“Oleh karenanya saya mengajak para petani untuk membudidayakan penanaman Ubi Jalar jenis gincu,” tutur Adim.

Lebih lanjut Adim menjelaskan, selain ubi jalar, kedepan pihaknya akan membudidayakan penanaman jagung untuk mendukung program pemerintah (ketahanan pangan) dan untuk hasil panen.

“Saya sudah koordinasi dengan penampung hasil penen nanti,” pungkas Adim.***

Facebook Comments Box

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial
WhatsApp
Instagram
FbMessenger
Tiktok