EKONOMI

Persaingan Global IPKB Perlu Terobosan Inovatif

JATINANGOR,(transtwonews)-Ketua Indonesia Pengusaha Konveksi Berkarya (IPKB) Nendi Herdiaman menyampaikan IPKB perlu melakukan terobosan inovatif terkait persaingan global, kecenderungan pasar luar negri dan dalam negeri. Selain itu membuka dan menggiatkan export ke negara baru sebagai alternatif serta meningkatkan kualitas.

Bekerjasama Dengan para pihak termasuk kampus untuk explorasi bahan baku alternatif dengan tetap mengacu pada kandungan lokal guna menghindari biaya lebih mahal.

Perihal modernisasi, kata dia salah satunya penggunaan mesin dimana jumlah tenaga kerja berkurang merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Namun harus dilakukan secara bertahap dan bijaksana.

“Paling tidak membutuhkan waktu untuk sosialisasi, persiapan pendidikan dan pelatihan SDM baik untuk operator mesin maupun karyawan-karyawan yang di rumahkan atau PHK bertahap,”ucap Nendi. Jumat (28/10)

Ia menambahkan dengan masih maraknya pakaian bekas daya beli masyarakat yang mencari produk sangat murah membuat produk hasil indeks kepuasan masyarakat (IKM) marketnya kurang baik.

Produk IKM yang bersaing dengan baju bekas dan pakaian import yang begitu murah dipasaran mengakibatkan dampak negatif ke harga pokok penjualan (HPP) upah kerja yang sangat minim, peminat untuk jadi operator jahit sangat minim untuk saat ini ke IKM.

Menurutnya, rata-rata yang sudah berpengalaman menjahit lebih memilih ke pabrik garmen yang besar. Mungkin dikarenakan pabrik-pabrik besar masih sejahtera di upah kerja.

“Kami IKM terus berusaha agar bisa mensejahterakan penjahit rumahan dengan sistem borongan dan memberikan kebesaran waktu kerja,”ujarnya.

“Dalam kurun waktu dua tahun ini kami sangat sulit untuk mencari pekerja.
Semoga dengan ada program khusus pelatihan penjahit buat IKM bisa membantu kelancaran produksi kami, yang seringnya justru bagi pengusaha garment besar. Semoga IKM konveksi Home industri diperhatikan juga,” pungkasnya. ***

Facebook Comments Box

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial
WhatsApp
Instagram
FbMessenger
Tiktok