PEMERINTAHANEDUKASI

Pagelaran Teater Sabtu Sore “Sang Jalak Harupat (Otto Iskandar Dinata)

Kab bandung,(transtwonews) –  Gedung Budaya Sabilulungan. Mengenang sosok kepahlawan seorang Oto Iskandar Dinata, Teater Sabtu Sore mementaskan pertunjukan teater sosiodrama berjudul “Si Jalak Harupat” dengan sutradara Lingga Hermawan di Gedung Budaya Sabilulungan Soreang , Jumat (3/2/2023)

Pementasan teater semi musikal dengan pola penceritaan mundur ini mengingatkan kembali perjalanan hidup tokoh pahlawan Jawa Barat bernama Oto Iskandar Dinata yang kemudian namanya lebih dikenal dengan Otista. Keberanian dia dalam memperjuangkan hak-hak rakyat pada masa kolonial menjadikan dirinya diberi julukan “Si Jalak Harupat”.

Jalak Harupat sendiri adalah sebutan untuk sejenis ayam jantan dalam Bahasa Sunda. Ayam yang dimitoskan sebagai ayam kuat, pemberani, nyaring saat berkokok, selalu menang saat diadu. Sifatnya yang demikian membuatnya dijadikan julukan bagi seorang pemberani.

Oto Iskandar Dinata lahir pada 31 Maret 1897 di Bojongsoang, Kabupaten Bandung dari keturunan ayahnya yang bangsawan Sunda bernama Nataatmadja.

“Oto Iskandar Dinata penting untuk dikenalkan kembali kepada generasi muda terutama pelajar” ucap Lingga Sutradara Teater Sabtu sore. Pementasan yang memang ditargetkan untuk pelajar ini menurut Lingga disambut baik para guru karena memang memerlukan pengajaran di bidang kesejarahan dengan pendekatan seni.

Pementasan yang mengandung unsur komedi lokal dengan pendekatan agar mampu menarik simpati penonton yang umumnya para pelajar. “Jika pementasan terlalu serius, ditakutkan pesan tidak sampai kepada penonton,” tegas Lingga

Senada dengan itu, sutradara pementasan Lingga berharap pesan penting mengangkat sisi perjalanan seorang Otista yang juga berprofesi sebagai wartawan ini akan membuat para pelajar menghormati jasa-jasa pahlawan”tutupnya.
(Gugum G waluya)

Facebook Comments Box

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button