TNI

Dandim 0610/Sumedang Hadiri HUT LVRI Ke 77 Tahun 2022

Sumedang,(transtwonews)-  bertempat di Ruang kantor LVRI Sumedang Jl. P. Soeriatmadja No. 10 Kel. Kota Kulon Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang telah dilaksanakan Kegiatan HUT LVRI Ke 77 Tahun 2022 Kabupaten sumedang Dengan tema: Dengan membangun indonesia yang maju dan sejahtera didasari oleh jiwa semangat nilai nilai 45*.Rabu(10/08/2022)

Hadir dalam kegiatan,Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti,Ketua Lvri sumedang Myr. Pur. Sutrisno dan di hadiri oleh para anggota Lvri dan pc PPM kabupaten sumedang

Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti  dalam sambutannya mengucapkan Selamat Hari Veteran Nasional ke-77 pada tanggal 10 Agustus 2022. Peringatan Hari Veteran Nasional ini harus menjadi momentum bagi kita sekalian untuk mengingat jasa dan pengorbanan Veteran Republik Indonesia yang telah berjuang, membela, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan atau ikut melaksanakan perdamaian dunia.ucap Dandim

Peringatan Hari Veteran Nasional ini juga dimaksudkan untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949, setelah para Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia melawan Tentara Belanda di Surakarta. Para Veteran yang saya banggakan, Tema peringatan Hari Veteran Tahun 2022 ini adalah “Membangun Indonesia yang Maju dan Sejahtera Didasari oleh Jiwa, Semangat dan Nilai-Nilai Juang’45”. Tema ini mengajak kita untuk terus membe 3/7 seluruh Indonesia dengan memanfaatkan komponen bangsa, termasuk para veteran Indonesia untuk maju, serta hidup sejahtera. Caranya adalah dengan terus menerapkan sikap-sikap prajurit 1945 yang rela berkorban jiwa dan raga demi negara Indonesia.

Lanjut Dandim di masa sekarang ini, situasi dan kondisi sudah jauh berkembang pesat di segala bidang, tak terkecuali perkembangan lingkungan strategis baik global, regional, maupun nasional yang terus bergerak sangat dinamis dan kompleks. Hal tersebut memunculkan berbagai macam ancaman, baik militer, nonmiliter, maupun hibrida yang diprediksi masih akan mengancam kepentingan nasional kita di masa mendatang. Oleh karenanya, diperlukan strategi map yang tepat yaitu Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

Strategi ini melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional yang meliputi segenap sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber dayabuatan, serta sarana dan prasarana nasional di seluruhNKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam menanggulangi ancaman. Hal tersebut tentu dilandasioleh penanaman nilai-nilai kesadaran bela negara pembangunan kekuatan TNI beserta alutsistanya selkomponen utama pertahanan negara.

Kunci kekuatan Indonesia dalam menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman adalah dengan memperkuat identitas dan jati diri bangsa sertamembangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dari seluruh komponen bangsa. Untuk itu, veteran Indonesia sebagai bagian dari kekuatan Indonesia harus terusmampu mewariskan nilai-nilai juang’45 bagi penerus bangsa. Saudara-saudara sekalian, Sudah terbukti baik pikiran, fisik maupun mental saudara tercurah sepenuhnya untuk negara. Veteran Indonesia merupakan para pejuang yang melawan penjajah dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Semua pengorbanan serta perjuangan yang telah saudara lakukan semata karena dilandaskan rasa cinta kepada tanah air Indonesia. Saya yakin dan percaya para veteran tidak pernah meminta balas jasa dan secara tulus mengabdi tiada henti untuk negara ini. Selain itu, saudara sekalian juga senantiasa bertekad untuk memberikan warisan persatuan, semangat perjuangan dan tauladan yang baik bagi generasi penerus bangsa. Tanpa perjuangan para veteran dan seluruh bangsa Indonesia, NKRI ini tidak ada. Kami sebagai generasi penerus juga tidak ada seperti sekarang ini.

Saya berharap para veteran tetap mempunyai semangat juang yang tidak pernah luntur. Para veteran menjadi pelopor dan contoh tauladan bagi masyarakat,karena saudara sekalian adalah sumber inspirasi perjuangan bagi kami semua untuk menjadi SDM yang unggul dan insan terdepan dalam mewujudkan Indonesia maju dan sejahtera.(Pendim)

Facebook Comments Box

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial
WhatsApp
Instagram
FbMessenger