BUDAYA

Nusantara baru indonesia maju, bersama karang taruna kecamatan Cibatu dan Koperasi CBT Kreasi Lestari.

Garut, (Transtwonews) – Karang Taruna Kecamatan Cibatu melaksanakan memeriahkan Agustusan,

Rangka jalin silaturahmi dalam kreasi, dan lomba Kabarulem (Kaulinan Barudak lembur) Ketapel Garut dan lomba kreasi Senam Sehat.

p

Menurut Ketua harian karang taruna kecamatan Cibatu Agus Mulyana memaparkan Kegiatan selama 2 hari,pada tanggal 24/25 Agustus tahun 2024, Karang taruna selenggarakan kegiatan kreasi lomba; Kabarulem(Estapet balok,Main Bakiyak sertalainnya yang diikut sertakan team PPK Cibatu) begitu pula Katapel , dan Senam kresi di ikut sertakan sebelas Desa yang ada sekecamatan Cibatu. Lomba kreasi diselenggarakan dilapangan alun-alun Cibatu.  berdedikasi mengolah ragakan masyarakat dengan ngamumule olah raga tradisional. Seperti halnya Kabarulem(kaulinan Barudak lembur).

Katapel olah raga tradisional kepesertaan Atlitnya merupakan dari Karang taruna kecamatan Cibatu, Taupan Ridwan, merupakan atlit yang akan dipersiapkan ke tingkat Nasional. Bahkan banyak atlit lainnya yang akan melangkah atlet berpotensi.

Gebyar kreasi lomba Kabarulem, Katapel dan kreasi Senam Karang taruna Cibatu bekerjasama dengan koprasi cibatu kreasi lestari, hanya sayangnya tidak ada motifasi dukungan forkopincam. Kemandirian Karang taruna Kecamatan dan Kabupaten sukses ajang kegiatan kreasi lomba sebagai ajang bersilaturahmi. prakarsa oleh Wakil ketua karangtaruna Kabupaten Garut, Kang Agung serta ketua Karang taruna kecamatan Cibatu Muhammad Rusli , besertaanggota lainnya komitmen dukungan terselenggara aktifitas olah raga masyarakat sehat.Minggu,25/8/2024.

Kang Agung wakil Ketua karang taruna kabupaten menyampaikan dengan  Olah-raga tradisional Ketapel tersebut sebagai bentuk uji ketangkasan sekaligus kegiatan murah meriah bagi generasi muda. Nusantara baru indonesia maju mengarah ke kegiatan Ngamumule ciri khas Sunda dengan ber olahraga Kabarulem ,Ketapel  sebagai olah taktik anak muda karang taruna kecamatan cibatu  menyarah ke Olahraga tradisional.

“Olahraga Ketapel dan Kabarulem ini didukung oleh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) di bawah kepemimpinan Kang Robby (Sekertaris) dan juga dihadiri oleh Ketua FORSPEK (Forum Silaturahmi Pecinta Kitepel) Kabupaten Garut Kang Taufan Irwan.

Menurut Ketua M. Rusli menyampaikan mereka itu sebagai pengenalan cabang olahraga tradisional latihan  menyiapkan atlet Katapel untuk mempersiapkan menghadapi event Pekan Olahraga Nasional(Fornas) diLombok tahun 2025.

Sementara kang Robby bentuk antosiasnya team penilaian olahraga Ketapel, terdapat tiga kategori, yaitu Target, Multi Target, dan Paper Target, di mana setiap tembakan yang mengenai sasaran akan mendapatkan nilai poin. Setiap peserta lomba diberikan sebanyak 10 peluru untuk mengukir prestasi dalam ajang tersebut.

p

Dengan jarak tembak 10 meter,serta ukuran pelurunya 8-10 mm yang terbesarnya dan 4mm ukuran terkecilnya. Besar harapan Forspek Garut bisa mendunia ,sebagai perencanaan yang akan di selenggarakan tingkat dunia.tandasnya

Besar harapan Karang taruna Cibatu dengan dukungan serta kebersamaan bersama Forkopincam dapat memberikan spirit warga masyarakat dalam menunjang kegiatan positif agar masyarakat sehat. Karna semua  kegiatan maka akan pasti membawa nama baik kekompakan serta solideritas Fokopincam itu sendiri. pungkasnya

(Ayi Ahmad) 

Facebook Comments Box

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button